Disiplin belajar anak di rumah

Kata disiplin berasal dari bahasa Latin, yaitu dari kata discere yang berarti belajar. Dari kata ini timbul kata Disciplina yang berarti pengajaran atau pelatihan. Kata disiplin kemudian mengalami perkembangan makna dalam beberapa pengertian, yaitu:
1. Arti disiplin bila dilihat dari segi bahasanya adalah latihan ingatan dan watak untuk menciptakan pengawasan (kontrol diri), atau kebiasaan mematuhi ketentuan dan perintah 2. Disiplin diartikan sebagai kepatuhan terhadap peratuaran/hokum atau tunduk pada pengawasan, dan pengendalian.
3. Disiplin diartikan sebagai latihan yang bertujuan mengembangkan diri agar dapat berperilaku tertib. 4. Disiplin diartikan sebagai sikap mental yang mengandung kerelaan mematuhi semua ketentuan, peraturan dan norma yang berlaku dalam menunaikan tugas dan taggung jawab seseorang.
5. Disiplin adalah perasaan taat dan patuh terhadap nilai -nilai yang dipercaya.
6. Disiplin juga berrati melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawab setiap orang. (Wikipedia)
7. Disiplin berarti, patuh, taat, kesetiaan, hormat kepada ketentuan/peraturan/norma yang berlaku.
8. Disiplin belajar adalah unsur pengikat, unsur integrasi dan merupakan unsur yang dapat menggairahkan seorang anak untuk belajar bahkan dapat pula sebaliknya.
9. Disiplin adalah sikap menaati peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan dan diberlakukan di keluarga.
Jadi, disiplin adalah faktor-faktor pengikat belajar yang menjadi kekuatan yang dapat memaksa seorang anak, untuk mematuhi peraturan serta prosedur belajar yang telah disepakati, ditentukan oleh orangtua sehingga anak berpedoman pada aturan tersebut.

Seorang anak usia belajar berada dalam konteks pengawasan orangtua sehingga disiplin dapat dipahami sebagai tindakan kepatuhan anak untuk menghormati dan melaksanakan suatu system yang mengharuskan anak untuk tunduk kepada keputusan, perintah dan peraturan yang berlaku dalam keluarga. Dalam teori disiplin, ada yang menyatakan, disiplin merupakan kesadaran untuk melakukan sesuatu pekerjaan dengan tertib dan teratur sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku dengan penuh tanggung jawab tanpa paksaan dari siapa pun.( Asy Mas’udi, 2000:88). Semnatara yang lain menyatakan: Disiplin merupakan sikap kepatuhan terhadap peraturan atau tunduk pada pengawasan atau pengendalian. Dengan demikian disiplin bertujuan mengembangkan watak agar dapat mengendalikan diri, agar berprilaku tertib dan efisien”( Kadir,1994:80). Teori yang ketiga, yaitu disiplin merupakan "Suatu tata tertib yang dapat mengatur tatanan kehidupan pridadi dan kelompok”. (Djamarah,2002:12)

Berdasarkan penjelasan di atas, kita menyimpulkan disiplin sebagai berikut:

a.Disiplin merupakan sikap patuh kepada waktu dan peraturan yang ada atau disiplin mengandung arti adanya kesediaan. b.Dalam disiplin terkandung dua makna yaitu patuh waktu dan juga peraturan atau tata tertib. c.Disiplin meliputi ketaatan dan hormat terhadap peraturan yang telah dibuat untuk ditaati. d.Disiplin juga berkorelasi dengan dengan sanksi yang diberi kepada pihak yang melanggar aturan (anak)

Facebook Comment

[facebook]