Tiga unsur penting dalam disiplin Belajar: Hukum atau peraturan

Ada beberapa unsure dalam disiplin, yaitu hukum atau peraturan yang berfungsi sebagai pedoman penilaian, sanksi atau hukuman bagi pelanggaran peraturan itu, dan hadiah untuk perilaku atau usaha yang baik. Menurut Marthen Leman, ada beberapa unsur penting dalam disiplin yang harus diperhatikan. Unsur yang dimaksud Leman (http://leman.or.id), yaitu:
Hukum/peraturan Setiap keluarga memiliki peraturan-peraturan yang berlaku dalam keluarga. Aturan-aturan itu mesti dipatuhi oleh anggota keluarga. Dalam keluarga ada anak. Setiap anak perlu dibimbing menuju kemanusiaan. Anak wajib mengikuti aturan yang berlaku dalam rumah. Khususnya dalam konteks belajar, setiap keluarga memiliki aturan bagi anaknya untuk belajar. Ada aturan belajar pada malam hari, persiapan mengikuti ujian tengah semester maupun ujian akhir semester. Ada orangtua yang menentukan aturan jam belajar yang mesti diperhatikan anaknya.
Hukum atau peraturan dalam rumah dalam hubungannya dengan belajar adalah orang tua membentuk disiplin belajar anak di rumah dengan peraturan seperti: membuat jadwal belajar; mengajak, mengontrol, dan mendampingi anak dalam belajar; mengikutkan tambahan belajar di luar rumah dan sebagainya.
Jadi, perlu ada aturan di rumah tentang belajar anak. Anak tidak cukup hanya belajar di sekolah tetapi di rumahpun anak harus belajar. Di rumah orangtua memiliki peranan yang sangat besar dalam mendisiplinkan anak untuk belajar. Mendisiplinkan anak untuk belajar di rumah dapat dilakukan dengan cara sebagaimana yang disebutkan di atas. Intinya ada aturan di rumah tentang belajar anak. Anak diatur demikian rupa sehingga mendapat prestasi belajar yang baik.
Selain peraturan yang dijelaskan di atas, unsure disiplin tentang hukum atau aturan di rumah tentang belajar dapat dipahami dalam beberapa bentuk disiplin tentang belajar. Bentuk disiplin belajar itu dimaksudkan agar anak dapat mengalami disiplin yang bernilai positif bagi kemajuan kecakapan dalam dirinya. Kecakapan dalam diri anak mesti dikembangkan oleh orangtua dan guru. Salah satunya dapat dilakukan melalui disiplin belajar. Melakukan belajar berarti mengalami perubahan. Perubahan itu memungkinkan anak mampu mempertanggungjawabkan kecakapan itu dalam kehidupan di masyarakat. Anak terlahir dan berkarya dalam masyarakat. Itulah sebabnya anak mesti mengalami disiplin yang cocok dengan dirinya.

Facebook Comment

[facebook]