Nama Mata Kuliah : Kode Etik dan Profesionalisme Guru PAK
Pengajar : Evalita Harianja, M.Pd.K.
Semester : IV PAK
Hari Pertemuan : Kamis, Pukul 10.00 – 11.40 WIB
Tempat Pertemuan : Kampus Sekolah Tinggi Teologi Pokok Anggur Jakarta
Mahasiswa diharapkan memahami teori-teori profesi guru, serta mampu meneladani Yesus Kristus sebagai Guru Agung. Hal ini mengacu pada cara Yesus mengajar serta mengkomunikasikan ajaran-Nya kepada murid-murid-Nya dan orang lain. Mempunyai kemampuan yang memadai tentang kode etik dan profesi keguruan, memiliki professional yang tinggi, serta menunjukkan perilaku sebagai guru PAK yang patut diteladani. Mahasiswa ditolong mengembangkan kemampuan sebagai guru PAK sesuai dengan tuntutan konteks dan zaman, khususnya dalam rangka mengembangkan profesionalisme dalam mengajar, menguasai sejumlah kompetensi yang telah dirumuskan sebagai kompetensi guru PAK, serta mengembangkan proses belajar mengajar berbasis kompetensi.
Demi mencapai standar kemampuan yang diharapkan dalam mata kuliah ini maka ruang lingkup pembahasan materi kuliah ini difokuskan pada beberapa kompetensi dasar dan indikatornya. Proses pembelajaran mata kuliah ini dirancang dalam 2 pokok bahasan utama dengan sejumlah indicator yaitu: Teori-teori kode etik dan Profesi keguruan, serta praktik penyusunan Kode Etik dan profesi keguruan di SD, SMP dan SMA/SMK/SMTK di tempat yang disepakati dalam kontrak pembelajaran
V. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pada akhir perkuliahan ini mahasiswa menunjukkan kemampuan dalam mendemonstrasikan setiap kompetensi dasar yang ditandai dengan indikator-indikator sbb:
1. Dasar Teologis “Kode Etik dan Profesionalisme Guru dalam Alkitab
1.1. kode etik dan profesionalisme guru/pengajar dalam Alkitab
1.2. guru pengajar dalam Alkitab
1.3. “mengajar” dalam Alkitab
1.4. Mandata mengajar dalam Amanat Agung / Matius 28
2. Wawasan Preofesi & Keguruan PAK
1.1. Pengertian Profesi
1.2. Ciri-ciri Profesi
1.3. Prinsip-prinsip Etika Profesi
1.4. Syarat-syarat Profesi
1.5. Perkembangan Profesi Keguruan
3. Kompetensi Guru dan Aplikasinya
3.1. Pengertian Kompetensi
3.2. Dimensi-dimensi/macam-macam kompetensi yang harus dimiliki oleh tenaga guru
3.3. Prinsip-prinsip Mengajar
4. Peranana/Fungsi dan Tanggungjawab Guru
4.1. Peran/fungsi
4.2.Tanggung Jawab Guru
5. Yesus Sang Guru Agung
5.1. Karakter Yesus Kristus Sebagai Guru Agung
5.2.Yesus Mengajar Menggunakan Metodologi Kreatif dan Kontekstual
6. Kode Etik Guru PAK yang Profesional
6.1.Pengertian Kode Etik & Profesional
6.2.Kode Etik Guru Indonesia
6.3.Rumusan Kode Etik Guru Pendidikan Agama Kristen
6.4.Fungsi Kode Etik Guru
6.5.Etika Profesi
6.6.Hubungan Guru PAK dengan Profesinya
7. Praktik Menyusun Kode Etik Guru (SD, SMP, SMU/SMK/SMTK)
7.1. Kelompok Kode Etik Guru PAK di SD
7.2. Kelompok Kode Etik Guru PAK di SMP
7.3. Kelompok Kode Etik Guru PAK di SMU/SMK/SMTK
5. Organisasi Materi Kuliah
Pendahuluan
1. Dasar Teologis “Kode Etik dan Profesionalisme Guru dalam Alkitab
a. kode etik dan profesionalisme guru/pengajar dalam Alkitab
b. guru pengajar dalam Alkitab
c. “mengajar” dalam Alkitab
d. Mandata mengajar dalam Amanat Agung dalam Matius 28
2. Menjelaskan teori-teori Kode Etik dan Profesionalisme Guru dengan indicator:
a. Menjelaskan pengertian etika
b. Menjelaskan pengertian moral
c. Menjelaskan Pengertian Kode Etik dan Profesionalisme Guru
d. Kode Etik Guru
e. Profesionalisme Guru
3. Menyusun kode etik guru di tempat tugas
a. Kode Etik Guru SD
b. Kode etik Guru SMP
c. Kode Etik Guru SMU/SMA/SMK/SMTK
. Penutup
4. Pendekatan dan Strategi Pembelajaran
Pendekatan Pembelajaran :
Pendekatan yang dipakai dalam proses pembelajaran mata kuliah ini yaitu: Pembelajaran berbasis Mahasiswa (pendekatan rekonstruktifistik : ceramah, tanya jawab, presentasi)
5. Sumber-sumber Belajar
I. Bahan Ajar Utama:
Drs. Andar Gultom, Profesionalisme, Standar Kompetensi, Dan Pengembangan Profesi Guru PAK (Bandung: Bina Media Informasi, 2007)
Em Budhiadi Henoch, Pendidikan Agama Kristen Selayang Pandang (Bandung: Bina Media Informasi, 2007) Usman, Moh. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2001 Jhon M. Nainggolan, Menjadi Guru Agama Kristen (Bandung: Bina Media Informasi, 2007) John M. Nainggolan, Pendidikan Agama Kristen Dalam Masyarakat Majemuk (Bandung: Bina Media Informasi, 2009)
John M. Nainngolan, Menjadi Guru Agama Kristen (Bandung: Generasi Info Media, 2007)
Kamus Besar Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 2007)
Pdt. Jansen Belandina Non-Serrano, Profesionalisme Guru dan Bingkai Materi (Bandung: Bina Media Informasi, 2009)
Sidjabat, B.S, Menjadi Guru Profesional: sebuah perspektif kristiani, Bandung, Yayasan Kalam Hidup, 1994
Hamzah B. Uno, Profesi Keguruan (Jakarta: Bumi Aksara, 2008)
Sahertian, Piet A, Profil Pendidik Profesional, Yogyakarta, Andi Offset, 1994
E.G Homrighausen dan I.H Enhklaar, Pendidikan Agama Kristen ( Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1993)
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan baru (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008)
Muhammat Rahman, Sofan Amri, Kode Etik Profesi Guru: Legalitas, Realitas dan Harapan Wacana untuk Menunjang dan Menjadikan Guru Profesional (Jakarta : Prestasi Pustaka, 2014)
Soetjipto, Rafis Kosasi, Profesi Keguruan, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2009
Harian Kompas, Masalah Pendidikan Indonesia (Jakarta: 2008)
Yonas Muanley, M.Th. Weblog: http://pengawasguruagamakristendki.blogspot.com/
http://beta.pikiran-rakyat.com/index.php?mib=beritadetail&id=9232
http://alkitab.sabda.org/resource.php?topic=724&res=jpz
http://pepak.sabda.org/13/aug
/2003/anak_prinsip_belajar_mengajar_yang_efektif_hubungannya_dengan_hukum_mengajar
Harian Kompas, Masalah Pendidikan Indonesia (Jakarta: 2008)
http://beta.pikiran-rakyat.com/index.php?mib=betadetail&id=923
http://alkitab.sabda.org/resource.php?topic=724&res=jpz
http://pepak.sabda.org/13/aug
/2003/anak_prinsip_belajar_mengajar_yang_efektif_hubungannya_dengan_hukum_mengajar
Penilaian Penilaian akan dilakukan dosen dengan penggunaan criteria/standar STT Pokok Anggur.
Angka Huruf Bobot
95 – 100 A 4,00
90 – 94 A - 3,77
85 – 89 B + 3,33
80 – 84 B 3,00
75 – 79 B - 2,77
70 – 74 C + 2,33
65 – 69 C 2,00
Kriteria Penilaian
1. Penilaian Proses
Keterlibatan mahasiswa
Kemampuan menjawab pertanyaan
Kemampuan bertanya
Kemampuan berpendapat
Kemampuan praktik menyusun kode etik guru PAK
2. Penilaian Hasil
Laporan tugas
Hasil UTS
Hasil UAS
Kriteria Penilaian:
Nilai Akhir ditentukan dengan pembobotan terhadap beberapa tugas sbb:
Hadir dan aktif di kelas : 10 %
Menyusun dan Presentase Kode Etik Guru SD,SMP, SMA : 25 %
Resensi Buku : 20 % (Kumpul saat UAS) 300 hlm = 10 - 15 hlm
UTS : 20 %
UAS : 25 %
• Keterlambatan mengumpul tugas dipotong nilai 3 % dari nilai tugas.
• Terlambat masuk kelas paling lama 15 menit. = menyanyi (lagu dan gerak)
• Alpa 3x dianggap gugur (a,i,s) kecuali ada rekmndsi dr bp/ibu asrama atau acara lembaga.
• Pakaian wanita : boleh cln pnjg (bahan), rok dibawah lutut (bukan levis),Kaos berkerah
• Putra: celana boleh levis
• Hp: Boleh dibawa ke kelas (tdk mengganggu). Ketika kelas dimulai semua HP ada di meja dosen (untuk merekam)
6. Jadwal Pembelajaran
Jadwal Kontrak Perkuliahan
Pertemuan Minggu ke Materi Perkuliahan Sumber Belajar Keterangan
1 Perkenalan
Penjelasan:
Silabus
Kontrak Pembelajaran
RPP/SAP
Diskusi
2 Dasar Teologis “Kode Etik dan Profesionalisme Guru dalam Alkitab Bahan Ajar
3 Dasar Teologis “Kode Etik dan Profesionalisme Guru dalam Alkitab Bahan ajar
4 Wawasan Preofesi & Keguruan PAK Bahan ajar
5 Wawasan Preofesi & Keguruan PAK Bahan ajar
6 Kompetensi Guru dan Aplikasinya Bahan ajar
7 Peranana/Fungsi dan Tanggungjawab Guru Bahan ajar
8 Ujian Tengah Semester Bahan ajar
9 Yesus Sang Guru Agung Bahan ajar
10 Yesus Sang Guru Agung Bahan ajar
11 Kode Etik dan Profesionalisme Guru PAK Bahan ajar
12 Kode Etik Guru PAK yang Profesional Bahan ajar
13 Menyusun Kode Etik Guru PAK SD, SMP, SMU Bahan ajar
14 Presentasi Bahan ajar
15 Presentasi Bahan ajar
16 Ujian Akhir Semester Bahan ajar Soal subjektif
Oleh: Evalita Harianja, M.Pd.K