Pemanfaatan Produk Google dalam Pembelajaran yang Menyenangkan

Produk Google Untuk Pendidik Bila kita membaca di internet maka kita akan mengetahui bahwa ada banyak produk google. Google sangat kreatif dan efektif dalam menghasilkan produk-produk yang berguna bagi siapa saja khususnya bagi kita yang berprofesi sebagai pendidik. Beberapa produk google yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan peserta didik, yaitu:

1. Email dari gmail.com

Bagi guru, dosen serta peserta didik yang menggunakan email dari gmail.com maka ia sebenarnya sedang memanfaatkan produk google. Email Gmail adalam milik perusahan raksasa yaitu Google. Itulah sebabnya mereka yang menggunakan email dari gmail akan diuntungkan dalam banyak hal. Salah satunya yakni di email ada beberapa produk yang sudah tersedia atau terintegrasi dengan email dari gmail :

Akun Google

1.1.Telusuri
1.2.Maps
1.3.YouTube
1.4.Berita
1.5.Gmail 1.6.Kontak
1.7.Drive
1.8.Kalender
1.9.GooglePlus
1.10.Terjemahan
1.11.Foto
1.12.Google Kelas, Google for education
1.13.Koleksi
1.14.Buku
1.15.Belanja
1.16.Keep
1.17.Koleksi
1.18.Dokumentasi
dll Ke-18 belas produk google yang muncul dalam email gmail tentu masih ada tambahan lainnya yang bila ditelusuri maka akan semakin banyak dan jumlahnya di atas 100 produk. Produk-produk tersebut di atas masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda. Dengan fungsi yang ada pada produk-produk google tersebut para guru, dosen dan peserta didik dapat menggunakannya untuk tugas yang berhubungan dengan kegiatan guru, dosen dan peserta didik, selain itu kita juga dapat memnafaatkan untuk ragam keperluan seperti untuk bisnis dan mendapatkan penghasilan online.
Saya menggunakan email untuk mengirim surat elektronik dalamkonteks kegiatan saya sebagai pendidik, menerima tugas-tugas mahasiswa yang dikirim via email. Saya juga menggunakan email untuk menyimpan data saya dari gangguan firus. Penyimpanan ini menolong saya untuk menggunakannya ketika hendak mengajar. Bahan yang disimpan di flashdisk sering terkena firus. Oleh karena itu saya menyimpan data di email, khususnya di google drive.

2. Blogspot

Blogspot adalah salah satu produk google. Kita dapat menggunakan blogspot untukragam keperluan. Salah satunya yaitu untuk mempostinga artikel-artikel berupa bahan ajar, motivasi belajar, motivasi kerja, informasi berupa edukasi dalam hal urusan rumah tangga, masak, mencusi dan lain sebagainya.
Kita dapat membuat blog khusus untuk memposting bahan ajar agar dapat dipelajari oleh peserta didik yang mengikuti materi ajar kita dan juga dapat berguna bagi komunitas pendidikan. Dalam hal ini blogspot dapat dimanfaatkan untuk menjadi bahan ajar atau media pembelajaran yang bersifat online.Silakan membuat blog dengan klik www.blogger.com

Bila kita punya email darigmail maka kita dapat menggunakan fasilitas Google Plus untuk mempromosikan atau tepatnya memfiralkan artikel kita pada 10 besar halaman google. Dengan demikian blog kita gampang ditemukan pengunjung.

3. Google Kelas
Kita dapat mencoba google kelas untuk proses belajar mengajar yang kita lakukan. Tentu produk google dalam mendukung dunia pendidikan yang salah satunya yakni google kelas dapat kita pelajari secara baik melalui studi mandiri melalui internet berupa pelajaran-pelajaran tentang google kelas di website dan juga melalui YouTube. Google tentu menjadi guru bagi kita dalam banyak hal. Bila kita tidak tahu maka tanya kepada Google maka ada jawaban di Google

4. YouTube

Youtube dapat digunakan oleh para pendidik sebagai media pembelajaran yang menyenangkan. Buatlah rekaman-rekaman pengajaran, eksperimen dll kemudian rekam dengan menggunakan handphone atau video rekaman kemudian apload ke YouTube dan jadikan sebagai media dalam pembelajaran untuk materi ajar kita ketika kita mengajar di kelas.

Selamat memanfaatkan produk google untuk proses pembelajaran yang menyenangkan Salam

Facebook Comment

[facebook]